eprintid: 33401 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/03/34/01 datestamp: 2016-05-26 03:10:34 lastmod: 2019-01-30 09:20:28 status_changed: 2016-05-26 03:10:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setyaningrum, Atika title: PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGASEM KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: pendidikan_ips subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS dengan penerapan metode the learning cell pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangasem. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangasem sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode the learning cell dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan rata- rata persentase setiap indikator keaktifan yang diamati dapat dilihat dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Rata- rata keaktifan belajar siswa pada pra tindakan sebesar 45,00%, meningkat menjadi 69,78% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 81,09%. Kata kunci: metode the learning cell, keaktifan, IPS date: 2016-05-26 date_type: published institution: PGSD department: Fakultas Ilmu Pendidikan thesis_type: skripsi citation: Setyaningrum, Atika (2016) PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGASEM KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33401/1/Atika%20Setyaningrum.pdf