eprintid: 33401
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/03/34/01
datestamp: 2016-05-26 03:10:34
lastmod: 2019-01-30 09:20:28
status_changed: 2016-05-26 03:10:34
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Setyaningrum, Atika
title: PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGASEM
KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016
ispublished: pub
subjects: pendidikan_ips
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS dengan penerapan metode the learning cell pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangasem.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangasem sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode the learning cell dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan rata- rata persentase setiap indikator keaktifan yang diamati dapat dilihat dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Rata- rata keaktifan belajar siswa pada pra tindakan sebesar 45,00%, meningkat menjadi 69,78% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi
81,09%.

Kata kunci: metode the learning cell, keaktifan, IPS
date: 2016-05-26
date_type: published
institution: PGSD
department: Fakultas Ilmu Pendidikan
thesis_type: skripsi
citation:   Setyaningrum, Atika  (2016) PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGASEM KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016.  S1 thesis, PGSD.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/33401/1/Atika%20Setyaningrum.pdf