@techreport{UNY33394, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, year = {2015}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Hari Sofyan Hari Sofyan}, title = {LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataran no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten}, url = {http://eprints.uny.ac.id/33394/}, keywords = {PPL, AP, SMK Negeri 4 Klaten}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus ? 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Negeri 4 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Teknik Komputer Jaringan, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3 Program Studi Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 24 Agustus ? 11 September, sebanyak 3 pertemuan di kelas X AP 1, 2 dan 3. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Dasar Kompetensi Kejuruan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, Reciprocal Teaching (diskusi dengan cara berpasangan). Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, modul, laptop dan whiteboard, spidol dan penghapus. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah para siswa yang belum memiliki modul/lks. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL memfotocopy kan materi Dasar Komepetensi Kejuruan khususnya Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk peserta didik. Dari pelaksanaan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permsalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.} }