%J INOTEK %L UNY3338 %T PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN BAGI USAHA KECIL MENENGAH DI KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL %A M.Si Isroah %X Abtrak Wilayah Pundong merupakan wilayah yang sedang tumbuh pesat dalam bidang bisnis karena adanya peralihan kegiatan masyarakat dari bertani menjadi masyarakat berbisnis. Permasalah utama yang dihadapi adalah tentang cara memasarkan produknya agar jangkauan pemasaran lebih luas sehingga lebih berkembang usahanya. Tujuan kegiatan ini adalah (1) Meningkatkan pengetahuan masyarakat Pundong dalam bidang pengelolaan pemasaran. (2) Meningkatkan ketrampilan masyarakat Pundongi dalam bidang pengelolaan pemasaran. Berdasarkan diskusi/dialog antara tim dengan pelaku usaha dapat disimpulkan (1) tentang beberapa syarat pebisnis adalah: ulet (pentang menyerah), kreatif (pandai melihat peluang), membuat produk yang berbeda dan belum banyak di pasaran, konsisten terhadap kualiatas, konsumen adalah ”raja” , maka berikan yang terbaik untuknya, produksi barang kerajinan yang unik, berikan pelayanan penuh. (2) tentang pengembangan desain produk, mulai memproduksi kerajinan untuk pasar lokal agar dapat dipasarkan lebih luas ke swalayan/supermarket atau ke hotel-hotel sebagai barang sauvenir bagi pengunjung. Masyarakat meminta untuk diberikan bimbingan tentang pemasaran global melalui media internet sehingga sasaran ekspor akan lebih efisien dan efektif.