%0 Thesis %9 S2 %A Damarjati, Triwik %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:33371 %I UNY %K kompetensi guru, motivasi belajar, lingkungan sekolah, kebijakan muatan lokal %T Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Efektivitas Kebijakan Muatan Lokal Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/33371/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap efektivitas kebijakan muatan lokal bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di kota Yogyakarta. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, maka digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian terdiri dari sejumlah 1380 siswa di tiga SMA Negeri di kota Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 187 siswa dengan menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian validitas item dilakukan dengan mengkorelasikan skor setiap item jawaban responden dengan skor total item pernyataan, sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan konsistensi internal teknik Alpha-Cronbach. Uji persyaratan analisis terdiri atas uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda, dan koefisien determinan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi responden, efektivitas kebijakan muatan lokal Bahasa Jawa tergolong baik (70%). Kompetensi guru bahasa Jawa tergolong baik (74%). Motivasi belajar siswa tergolong cukup (66%) dan lingkungan sekolah tergolong baik (71%). Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kebijakan muatan lokal bahasa Jawa (F hitung= 41,415 dan p<0,05) dengan kontribusi sebesar 18,3% dan persamaan regresinya adalah Y = 3,7869 + 0,3704 X1. Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kebijakan muatan lokal bahasa Jawa (F hitung= 11,350 dan p<0,05) dengan kontribusi sebesar 5,8% dan persamaan regresinya terhadap Y= 24,698 + 0,2504 X2. Lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kebijakan muatan lokal bahasa Jawa (F hitung= 27,157 dan p<0,05) dengan kontribusi sebesar 12,8% dan persamaan regresinya adalah Y = 15,7124 + 0,3522 X3. Hasil uji regresi ganda menunjukkan adanya pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan (F hitung= 17,603 dan P<0,05) dengan kontribusi sebesar 2,4% dan persamaan regresinya adalah Y = -7,527+ 0,284 X1 + 0,143 X2 + 0 ,139 X3.