eprintid: 33323 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/33/23 datestamp: 2016-05-25 03:30:18 lastmod: 2019-10-01 11:54:09 status_changed: 2016-05-25 03:30:18 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Yusak Suluh Putra Karunia, Yusak Suluh Putra Karunia title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN SENI MUSIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang mampu memberikan pengetahuan life skills, antara lain pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Sebelum melaksanakan praktek pengalaman lapangan perlu diadakannya observasi. Observasi yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Adapun program kegiatan praktek mengajar meliputi persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, dan beberapa administrasi mengajar yang lain serta materi dan media untuk mengajar. Sedangkan proses pembelajaraan meliputi penyampaian materi mengajar. Semua rancangan kegiatan tersebut sebelumnya telah dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing. Seluruh rancangan program tersebut bertujuan untuk peningkatan kualitas peserta didik, sehingga akan dihasilkan lulusan yang professional dan memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan adanya program ini diharapkan nantinya semua hasil dari program yang telah terlaksana dapat diteruskan secara berkesinambungan. Untuk program PPL kesemuanya dapat terlaksana dengan baik, tanpa ada hambatan yang cukup berarti. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program-progam PPL yang telah dilakukan. Manfaat tersebut antara lain: Siswa menyadari bahwa ilmu itu ada di sekitar mereka dan bisa belajar secara kontekstual. Selain itu adanya media pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar siswa dan konsentrasi belajarnya melalui presentasi tentang materi baru yang dapat menambah ketertarikan dan wawasan siswa. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Yusak Suluh Putra Karunia, Yusak Suluh Putra Karunia (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN SENI MUSIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33323/1/Laporan%20PPL%20%28Yusak%20Suluh%20Putra%20Karunia%29.pdf