TY - THES A1 - Nugrahami, Chris Perdana PB - PGSD N2 - Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui budaya sekolah dalam membangun motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran matematika di SD N 2 Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah yang dikembangkan di SD N 2 Delanggu adalah kebersihan, kerapian dan kerindangan; ekstrakurikuler seni tari dan musik; senam bersama; ketertiban; pemberian penghargaan; infaq, sopan santun, saling menghargai, dan kejujuran; semangat belajar; kekeluargaan menciptakan keharmonisan; Semangat kerja guru, semangat belajar siswa dan dukungan orang tua menciptakan prestasi; serta sikap baik dapat terbentuk dari pembiasaan sikap baik. Penerapan budaya sekolah yang dikembangkan di SD N 2 Delanggu sudah baik meskipun masih ada kendala yang terjadi. Budaya sekolah yang dikembangkan dapat membangun motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran matematika. Pemberian penghargaan bagi siswa saat upacara; nilai semangat belajar; serta asumsi belajar matematika yang penting mengerti caranya maka dapat mengerjakan dengan baik dapat membangun motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran matematika. Kata kunci: budaya sekolah, motivasi berprestasi, matematika Y1 - 2016/05/25/ UR - http://eprints.uny.ac.id/33320/ M1 - skripsi ID - UNY33320 AV - restricted TI - BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD N 2 DELANGGU ER -