relation: http://eprints.uny.ac.id/33280/
title: METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN  HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR  DI SMK N 3 MAGELANG
creator: Dwi, Febrina Wulandari
subject: Teknik Boga dan Busana
description: METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN  HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR  DI SMK N 3 MAGELANG  Oleh:  Dwi Febrina Wulandari  NIM. 12511241017  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menerapkan model pembelajaran  talkingstick pada mata pelajaran Boga Dasar di SMK N 3 Magelang,  2)meningkatkan keaktifan belajar siswa yang meliputi visual activities,  listening activities, oral activities, emotional activities, dan writing activities  setelah menggunakan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran  boga dasar di SMK Negeri 3 Magelang, 3) meningkatkan hasil belajar siswa  setelah menggunakan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran  boga dasar di SMK Negeri 3 Magelang.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  kolaboratifmenggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart dengan  tahapan sebagaiberikut: perencanaan, tindakan & pengamatan, serta refleksi.  Uji coba untuk butir soal diakukan ke siswa kela X jasa boga 2 dengan 32  siswa dan hasil koifisien korelasi 0,87 sehingga soal dikatakan  baik.Penelitiandilaksanakan di SMK N 3 Magelang dengan subjek penelitian  siswa kelas X Tata Boga 3 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data  menggunakan observasi,tes kognitif, dokumentasi, dan catatan lapangan. Uji  validitas instrumenmenggunakan validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas  menggunakan antar rater.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis  deskriptif kuantitatif.  Model pembelajaran talking stick yang diterapkan sesuai dengan  sintaktalking stick dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lalu  guruberperan sebagai pengajar yang memantau proses pembelajaran,  sehinggadapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil  penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick  mampu:1) meningkatkan pembelajaran, yaitu pada siklus I keterlaksanaan  pembelajaran dapat tercapai 75%, sedangkan pada siklus II dapat tercapai  100%,2) meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan dibuktikan pada pra  siklussecara keseluruhan prosentase keaktifan siswa yaitu sebesar 52,9%,  padasiklus I prosentase keaktifan siswa 77,1%, dan siklus II prosentase  keaktifan siswa sebesar 89,6%, 3) meningkatkan hasil belajar siswa  dengandibuktikan pada pra siklus prosentase siswa yang tuntas 30% atau 11  siswa, dan prosentase yang tidak tuntas 70% atau 25 siswa. Siklus I hasil  prosentase siswa yang tuntas 86% atau 31 siswa dan siswa yang tidak tuntas  14% atau 5 siswa.Siklus II hasil prosentase siswa yang tuntas 100% atau 36  siswa. Berdasarkanhasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa  penerapan modelpembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan  dan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran boga dasar kelas X Tata Boga 3 di  SMK N 3 Magelang.Hal ini berarti hipotesis tindakan pada penelitian ini  terbukti.  Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, pembelajaran talking stick, boga dasar
date: 2016
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/33280/1/dwi%20febrina%20wulandari%2012511241017.pdf
identifier:   Dwi, Febrina Wulandari  (2016) METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR DI SMK N 3 MAGELANG.  S1 thesis, U N Y.