@phdthesis{UNY33280,
            year = {2016},
          school = {U N Y},
           title = {METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR
DI SMK N 3 MAGELANG},
          author = {Febrina Wulandari Dwi},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/33280/},
        abstract = {METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR
DI SMK N 3 MAGELANG
Oleh:
Dwi Febrina Wulandari
NIM. 12511241017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menerapkan model pembelajaran
talkingstick pada mata pelajaran Boga Dasar di SMK N 3 Magelang,
2)meningkatkan keaktifan belajar siswa yang meliputi visual activities,
listening activities, oral activities, emotional activities, dan writing activities
setelah menggunakan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran
boga dasar di SMK Negeri 3 Magelang, 3) meningkatkan hasil belajar siswa
setelah menggunakan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran
boga dasar di SMK Negeri 3 Magelang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
kolaboratifmenggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart dengan
tahapan sebagaiberikut: perencanaan, tindakan \& pengamatan, serta refleksi.
Uji coba untuk butir soal diakukan ke siswa kela X jasa boga 2 dengan 32
siswa dan hasil koifisien korelasi 0,87 sehingga soal dikatakan
baik.Penelitiandilaksanakan di SMK N 3 Magelang dengan subjek penelitian
siswa kelas X Tata Boga 3 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data
menggunakan observasi,tes kognitif, dokumentasi, dan catatan lapangan. Uji
validitas instrumenmenggunakan validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas
menggunakan antar rater.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kuantitatif.
Model pembelajaran talking stick yang diterapkan sesuai dengan
sintaktalking stick dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lalu
guruberperan sebagai pengajar yang memantau proses pembelajaran,
sehinggadapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil
penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick
mampu:1) meningkatkan pembelajaran, yaitu pada siklus I keterlaksanaan
pembelajaran dapat tercapai 75\%, sedangkan pada siklus II dapat tercapai
100\%,2) meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan dibuktikan pada pra
siklussecara keseluruhan prosentase keaktifan siswa yaitu sebesar 52,9\%,
padasiklus I prosentase keaktifan siswa 77,1\%, dan siklus II prosentase
keaktifan siswa sebesar 89,6\%, 3) meningkatkan hasil belajar siswa
dengandibuktikan pada pra siklus prosentase siswa yang tuntas 30\% atau 11
siswa, dan prosentase yang tidak tuntas 70\% atau 25 siswa. Siklus I hasil
prosentase siswa yang tuntas 86\% atau 31 siswa dan siswa yang tidak tuntas
14\% atau 5 siswa.Siklus II hasil prosentase siswa yang tuntas 100\% atau 36
siswa. Berdasarkanhasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa
penerapan modelpembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan
dan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran boga dasar kelas X Tata Boga 3 di
SMK N 3 Magelang.Hal ini berarti hipotesis tindakan pada penelitian ini
terbukti.
Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, pembelajaran talking stick, boga dasar}
}