eprintid: 33238 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/32/38 datestamp: 2016-05-24 07:17:22 lastmod: 2019-10-01 11:47:41 status_changed: 2016-05-24 07:17:22 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Eka Vebri Lestari, Eka Vebri Lestari title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2 DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, UNY, SDN Bangunrejo 2 abstract: Praktik Pengajaran Lapangan (PPL) mengacu pada Undang-Undang Guru dan dosen nomor 14 Tahun 2005, khususnya yang berkenaan dengan empat kompetensi guru yakni: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan teori yang telah dipelajari sekaligus sebagai latihan mengajar secara langsung. Pelaksaan PPL dimulai tanggal 28 Februari 2015 di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Mahasiswa PPL adalah observasi secara fisik dan non fisik. Kegiatan ini meliputi pengamatan langsung terhadap keadaan fisik sekolah seperti pengamatan terhadap ruang kelas, kantor guru, perpustakaan serta ruang lain yang mendukung kegiatan yang berlangsung di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Selain pengamatan fisik Mahasiswa PPL juga melaksanakan pengamatan non fisik yang meliputi kegiatan pembelajaran dalam kelas serta kegiatan ekstrakurikuler yang difasilitasi oleh SDN Bangunrejo 2 seperti Karawitan dan Pramuka. Dari hasil observasi Mahasiswa mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana cara guru menyampaikan pembelajaran, bagaimana guru memaksimalkan siswa dalam belajar serta meliputi cara guru mengendalikan kelas dengan berbagai macam karakteristik siswa sehingga Mahasiswa dapat merencanakan metode pembelajaran dan menyiapakan bahan ajar yang dapat dipakai dalam pelaksanaan PPL. PPL ini menjadikan Mahasiswa lebih dapat memahami secara langsung bagaimana menghadapi situasi yang tercipta dalam kelas sehingga dapat membentuk kelas yang kondusif dengan suasana belajar yang menyenangkan. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Eka Vebri Lestari, Eka Vebri Lestari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2 DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33238/1/EKA%20VEBRI%20LESTARI_12108241175.pdf