@techreport{UNY33236, year = {2015}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD N BANGUNREJO 2}, author = {BETY ARUM SARI BETY ARUM SARI}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL yang dilakukan di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta yang merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kekhususan di antaranya adalah siswa dengan berkesulitan belajar. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik mengajar. Metode mengajar yang digunakan pada kelas inklusi ini yaitu metode kolaborasi (gabungan) antara metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, unjuk kerja, dan demonstrasi. Sehingga kegiatan pembelajaran akan mudah diterima oleh siswa seuai dengan kemampuannya masing-masing. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariasi. Siswa yang mengalami gangguan auditori dapat dibantu dengan media visual, sedangkan yang mengalami gangguan dalam penglihatan dapat dibantu dengan media yang dapat menghasilkan suara. Oleh karena itu, dalam pembelajaran di kelas inklusi mengharuskan adanya metode pembelajaran yang dapat mencakup semua karakter dan kemampuan siswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas, tujuan jangka pendek yang dapat ditetapkan dapat tercapai dengan presentase akhir 81\%. Persiapan matang sebelum mengajar sangat diperlukan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari perangkat pembelajaran, penguasaan materi, dan kesiapan mental pendidik. Karakteristik siswa yang khusus dan beraneka ragam mengharuskan seorang pendidik untuk dapat memahami setiap siswa berdasarkan kemampuannya, dapat mengelola siswa secara optimal, memilih dan menggunakan teknik yang tepat dalam mengajar, serta mengelola waktu dengan efektif.}, keywords = {PPL, Metode Mengajar, SD N Bangunrejo 2}, url = {http://eprints.uny.ac.id/33236/} }