eprintid: 33229 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/32/29 datestamp: 2016-05-24 06:51:28 lastmod: 2019-10-01 11:44:06 status_changed: 2016-05-24 06:51:28 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: ADITYO NUGROHO, ADITYO NUGROHO title: LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Program Kerja, SMK Negeri 1 Yogyakarta abstract: Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UniversitasNegeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2015 yang berlokasi di SMK Negeri 1 Yogyakarta mulai dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Agustus 2015 sampai dengan minggu kedua bulan September 2015. Praktikan adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang melakukan praktik mengajar mata pelajaran Pendidikan jasmani di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan oleh praktikan di kelas X AK 1, X AK 2, X AP 1, X AP 2,X PM 1, dan X PM 2. Ada beberapa program kerja PPL yang diprogramkan oleh praktikan antara lain pelaksanaan piket salam pagi, lobby, UKS, BK, dan perpustakaan. Sedangkan untuk program PPL individu adalah penyusunan perangkat administrasi mengajar (yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Prota (Program Tahunan), Prosem (Program Semester), dll.), Lembar Kerja Siswa, media pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, serta menyusun dan mengembangkan instrumen evaluasi berupa soal ulangan, kisi – kisi dan rubrik penilaian. Program-program PPL yang telah direncanakan oleh praktikan dapat berjalan dengan baik, namun beberapa hambatan timbul selama proes pelaksanaan program PPL. Beberapa hambatan tersebut antara lain: banyaknya kegiatan di sekolah yang banyak menyita waktu praktik mengajar, ketika KBM berlangsung ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan sibuk dengan kegiatannya sendiri, siswa sedikit meremehkan praktikan karena dianggap hanya seorang mahasiswa saja sehingga ketika proses pembelajaran dikelas siswa cenderung susah dikondisikan akan tetapi dengan pendekatan secara personal kepada siswa-siswa tersebut maka hal tersebut bisa diatasi. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangatlah mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: ADITYO NUGROHO, ADITYO NUGROHO (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33229/1/12601244010_Adityo%20Nugroho_PJKR.pdf