%0 Thesis %9 S1 %A Miftah, Rizqi Hanafi %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:33189 %I U N Y %T ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI GEOMETRA, MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY %U http://eprints.uny.ac.id/33189/ %X ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI GEOMETRA, MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY Oleh : Miftah Rizqi Hanafi NIM 11520241036 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu siswa SMP dalam memahami obyek geometri bangun ruang pada mata pelajaran matematika dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi yang dikembangkan ditinjau dari aspek functional suitability, performance efficiency, portability, dan usability. Penelitian dan pengembangan aplikasi menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang bertujuan menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk tersebut (Sudaryono, 2011: 30). Produk dikembangkan dengan menggunakan metode waterfall proscess model. Model pengembangan perangkat lunak waterfall memiliki empat tahapan (Pressman, 2010:15), yaitu communication (komunikasi dan kolaborasi), planning (perencanaan), modelling (pemodelan), construction (implementasi), dan deployment (distribusi). Uji kelayakan menggunakan empat aspek ISO 25010. Aspek-aspek tersebut adalah functional suitability, performance efficiency, portability, dan usability. Hasil pengujian tersebut adalah aplikasi dinyatakan sangat baik dari aspek functional suitability dan portability. Sedangkan dari aspek performance efficiency dan usability aplikasi dinyatakan baik. Kata kunci : aplikasi, research and development, waterfall, ISO 25010