@phdthesis{UNY33184, author = {Ristiadi Tito}, title = {EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI E-LEARNING EDMODO DI JURUSAN MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KLATEN}, year = {2016}, school = {U N Y}, abstract = {EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI E-LEARNING EDMODO DI JURUSAN MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KLATEN Oleh: Tito Ristiadi NIM. 11520244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan E-learning Edmodo terhadap hasil belajar siswa; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan E-learning Edmodo dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional serta (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunan E-learning Edmodo pada mata pelajaran Simulasi Digital di kelas X Multimedia SMKN 1 Klaten dengan menggunakan model pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan 5 varibel. Peneltian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan multimedia di SMKN 1 Klaten berjumlah 74 siswa dengan rincian 38 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk analisis penerimaan teknologi E-learning Edmodo menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t untuk mengetahui efektivitas perbedaan hasil belajar serta menggunakan metode analisis jalur untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan E-learning Edmodo. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan E-learning Edmodo memiliki peningkatan yang lebih tinggi efektivitasnya sebesar 58\% daripada siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 49\%; (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan E-learning Edmodo dengan perolehan rata-rata 78,9, sedangkan untuk siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 73,9; (3) penelitian penerimaan teknologi E-learning Edmodo, persepsi kemudahan berpengaruh terhadap persepsi kemanfaatan, dan intensi penggunaan. Persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap intensi penggunaan dan penggunaan aktual. Dan Intensi penggunaan berpengaruh terhadap penggunaan actual; (4) penggunaan aktual berpengaruh signifikan terhadap nilai akhir. Kata Kunci: Efektivitas, Technology Acceptance Model (TAM), E-learning Edmodo, Simulasi Digital, analisis jalur}, url = {http://eprints.uny.ac.id/33184/} }