%T PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MIND MAPING DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI RUMAH TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK SISWA KELAS XII A PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 2 KLATEN %I U N Y %D 2016 %A Ramadhan Suryagupita Faiz %X PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MIND MAPING DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI RUMAH TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK SISWA KELAS XII A PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 2 KLATEN Oleh: Faiz Ramadhan Suryagupita NIM. 11518241019 ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi siswa pada mata pelajaran pneumatik antara kelas XII A yang menggunakan mind mapping dengan kelas XII B yang menggunakan metode ceramah, (2) Pengaruh kebiasaan belajar siswa di rumah terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pneumatik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII A dan B jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Klaten, Jawa Tengah yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, independent sample t-test, dan analisis regresi Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas XII A yang menggunakan mind mapping dengan kelas XII B yang menggunakan metode ceramah dengan hasil t hitung = 2,738 lebih besar dari t tabel = 1,677224 (α = 5%, dk = 50). (2) Tidak ada pengaruh dari kebiasaan belajar dirumah terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran pneumatik yang menggunakan mind mapping pada pembelajarannya dengan hasil nilai F tidak signifikan (signifikansi > 0.05) dan R square = 0.001 sehingga pengaruh dari kebiasaan belajar sangat kecil yaitu 0.1% Kata kunci : peningkatan prestasi, Pneumatik, media mind mapping, kebiasaan belajar siswa di rumah, SMK N 2 Klaten %L UNY33182