%T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN INDONESIA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA %I UNY %D 2016 %L UNY33139 %X PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN INDONESIA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA Oleh: Nurul Azizah NIM 11511241009 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XI Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran untuk kompetensi Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia yang layak dipergunakan sebagai media pembelajaran, (3) mengetahui peningkatan pengetahuan siswa kelas XI Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran melalui pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan jenis penelitian reseach and development (R&D). yang diadopsi dari model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan analisis kebutuhan modul. Tahap design dilakukan perencanaan pembuatan modul sesuai dengan kerangka modul. Tahap develop dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media yang dilakukan oleh dosen dan guru SMK, kemudian dilakukanuji coba skala kecil sejumlah 10 siswa. Tahap selanjutnya yaitu dilakukan dengan uji coba skala besar sejumlah 31 siswa kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 6 Yogyakarta.Tahap disseminate tidak dilaksanakan, sehingga penelitian hanya sampai tahap develop. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan skor gain ternormalisasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pembuatan modul pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI Jasa Boga ini melalui 3 tahap Define,Design, dan Develop. (2) Hasil uji coba modul skala kecil yang dilakukan oleh 10 orang siswa kelas XI dan diperoleh hasil dengan kategori sangat layak sebesar 50% dan kategori layak sebesar 50%. Uji coba skala besar yang dilakukan pada 31 orang siswa kelas XI didapatkan hasil dengan kategori sangat layak sebesar 77,48% dan kategori layak sebesar 22,52%. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil uji kelayakan oleh siswa bahwa modul Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. (3) Ada peningkatan pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia dengan penggunaan modul Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI melalui uji gain score untuk mengetahui peningkatan nilai pretest dan posttest setiap siswa dan uji gain ternormalisasi diperoleh nilai sebesar 0,508 termasuk kategori sedang. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI. %A Azizah Nurul