eprintid: 33132 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/03/31/32 datestamp: 2016-05-23 07:17:16 lastmod: 2019-01-30 09:06:55 status_changed: 2016-05-23 07:17:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Miftahul, Fauziah title: PENERAPAN METODE STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DAN K3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 1 KALASAN ispublished: pub subjects: teknik_boga_busana divisions: ft_jurdik_boga_busana_pend_boga full_text_status: public abstract: PENERAPAN METODE STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DAN K3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 1 KALASAN Oleh: Miftahul Fauziah NIM. 13511245001 ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah: (1) Dalam proses pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Sanitasi Hygiene dan K3 siswa kurang terlibat aktif; (2) Pelaksanaan proses pembelajaran di kelas belum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode pembelajaran STAD pada mata pelajaran Sanitasi Hygiene dan K3 di SMK Negeri 1 Kalasan; (2) mengetahui cara menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar Sanitasi Hygiene dan K3 pada siswa kelas X Jasa Boga SMK N 1 Kalasan; (3) mengetahui hasil belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran Sanitasi Hygiene dan K3 pada siswa kelas X Jasa Boga SMK N 1 Kalasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2014-April 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga A SMK N 1 Kalasan dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) perencanaan yang harus dilakukan yaitu menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), media pembelajaran, soal pretest dan posttest dan lembar observasi; (2) cara menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan perwujudan tiga langkah pembelajaran tipe STAD yaitu: penyajian kelas, diskusi kelompok, dan penghargaan kelompok; (3) hasil belajar dapat meningkat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Sanitasi Hygiene dan K3 pada siswa kelas X Jasa Boga di SMK N 1 Kalasan. Penelitian silkus I dan II menunjukan nilai rerata hasil pretest pada materi kesehatan kerja dan materi keselamatan kerja adalah 55 dan 68, sedangkan pada hasil posttest adalah 85 dan 81. Peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai rerata siklus I dan II adalah 30 dan 13. Kata kunci : Metode Pembelajaran Tipe STAD, Sanitasi Hygiene dan K3, date: 2016 date_type: published institution: UNY department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Miftahul, Fauziah (2016) PENERAPAN METODE STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DAN K3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 1 KALASAN. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33132/1/MIFTAHUL%20FAUZIAH%2013511245001.pdf