?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F33124%2F&rft.title=LAPORAN%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN%0D%0ASD+NEGERI+TEGALPANGGUNG+YOGYAKARTA%0D%0AA043&rft.creator=Wiki+Oktavianto%2C+Wiki+Oktavianto&rft.subject=LPPMP&rft.description=Program+Praktek+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+Universitas+Negeri+Yogyakarta+merupakan+salah+satu+mata+kuliah+yang+wajib+ditempuh+oleh+mahasiswa+program+studi+kependidikan.+PPL%2FMagang+III+yang+telah+dilaksanakan+pada+tanggal+10+Agustus+2015+sampai+dengan+12+September+2015+di+SD+Negeri+Tegalpanggung.+Tujuan+dari+program+ini+untuk+memberikan+pengalaman+kepada+mahasiswa+dalam+bidang+pembelajaran%2C+menerapkan+ilmu+pengetahuan+dan+keterampilan+yang+dimiliki+ke+dalam+kehidupan+nyata%2C+melatih+dan+mengembangkan+kompetensi+kependidikan+untuk+bekal+mahasiswa+sebagai+sumber+daya+pengajar+yang+dibutuhkan+dalam+dunia+pendidikan+kelak+nantinya+ketika+bergelut+di+dunia+pendidikan+yang+sebenarnya.%0D%0APPL%2FMagang+III+diawali+dengan+pembekalan+yang+diberikan+oleh+LPPMP+UNY%2C+setelah+itu+mahasiswa+melakukan+observasi+ke+lokasi+PPL.+Observasi+dilakukan+dengan+metode+tanya+jawab%2C+dokumentasi%2C+dan+pengamatan+secara+langsung.+Adapun+setiap+mahasiswa+PPL+menyusun+program+kerja+individu+yang+terbagi+dalam+program+mengajar%2C+program+non+mengajar%2C+dan+program+insidental.+Program+kerja+yang+bersifat+mengajar+yaitu%3A+Praktik+mengajar+terbimbing+1-4%2C+Praktik+mengajar+mandiri%2C+serta+ujian+praktik+mengajar.+Program+kerja+yang+bersifat+non+mengajar+yaitu%3A+pendampingan+drumband%2C+pendampingan+pramuka%2C+pendampingan+futsal%2C+kerja+bakti+persiapan+sekolah+sehat%2C+pawai+memperingati+HUT+RI%2C+lomba+peringatan+hari+kemerdekaan%2C+pelatihan+upacara+bendera%2C+apel+pagi%2C+dan+senam+pagi.+Program+kerja+yang+bersifat+insidental+yaitu%3A+Bimbingan+belajar+siswa+dan+mengajar+insidental.%0D%0ASetelah+melaksanakan+kegiatan+PPL+banyak+hal+yang+telah+kami+dapatkan%2C+mendapatkan+pengalaman+mengajar+secara+langsung%2C+dapat+menerapkan+ilmu%2F+keterampilan+yang+saya+dapat+dari+kampus+kepada+sekolah%2C+mengetahui+persoalan+%E2%80%93+persoalan+yang+ada+ketika+mengajar%2C+seperti+sifat+%E2%80%93+sifat+siswa+yang+berbeda+antara+satu+dengan+yang+lain%2C+sulitnya+mengkondisikan+siswa%2C+cara+menyampaikan+materi+agar+siswa+dapat+memahami%2C+mengemas+pembelajaran+semenarik+mungkin%2C+dll.+pengalaman+PPL+ini+sangat+berguna+sebagai+bekal+untuk+mengajar+di+masa+yang+akan+datang+ketika+sudah+menjadi+guru.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F33124%2F1%2FWiki%2520Oktavianto_12604221030_Laporan%2520PPL.pdf&rft.identifier=++Wiki+Oktavianto%2C+Wiki+Oktavianto++(2015)+LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+SD+NEGERI+TEGALPANGGUNG+YOGYAKARTA+A043.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++