eprintid: 33120 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/31/20 datestamp: 2016-05-23 04:21:53 lastmod: 2019-10-01 11:49:47 status_changed: 2016-05-23 04:21:53 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Laily Syafa’ati, Laily Syafa’ati title: LAPORAN PPL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN A043 SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD Negeri Tegalpanggung abstract: Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III merupakan mata kuliah praktik diadakan oleh Unit Program Pengembangan Praktik Pengalaman Lapangan dan Praktik Kerja Lapangan LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta. PPL/Magang III yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 di SD Negeri Tegalpanggung bertujuan agar mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan proses pembelajaran, memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, serta meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang kompleks terkait proses pembelajaran. PPL/Magang III diawali dengan pembekalan yang diberikan oleh LPPMP UNY, setelah itu mahasiswa melakukan observasi ke lokasi PPL. Observasi dilakukan dengan berbagai metode. Adapun setiap mahasiswa PPL menyusun program kerja individu yang terbagi dalam program mengajar, program non mengajar, dan program insidental. Program kerja yang bersifat mengajar yaitu: (1) praktik mengajar terbimbing 1-4, (2) praktik mengajar mandiri, serta (3) ujian praktik mengajar. Program kerja yang bersifat non mengajar yaitu: (1) pendampingan drumband, (2) pendampingan pramuka, (3) pendampingan futsal, (4) kerja bakti persiapan sekolah sehat, (5) pawai memperingati HUT RI, (6) lomba peringatan hari kemerdekaan, (7) pelatihan upacara bendera, (8) apel pagi, dan (9) senam pagi. Program kerja yang bersifat insidental yaitu: (1) Bimbingan belajar siswa dan (2) mengajar insidental. Pelaksanaan program kerja individu PPL ini pada umumnya berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan yang direncanakan. Selain itu, antusiasme dan pastisipasi serta dukungan sekolah, guru, dan siswa terhadap seluruh rangkaian kegiatan PPL UNY ini sangat baik. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Laily Syafa’ati, Laily Syafa’ati (2015) LAPORAN PPL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN A043 SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33120/1/Laily%20Syafa%27ati_12108244093_Laporan%20PPL.pdf