TY - THES M1 - skripsi ID - UNY33089 AV - restricted TI - IDENTIFIKASI INTERAKSI SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI JLABAN, SENTOLO, KULON PROGO UR - http://eprints.uny.ac.id/33089/ Y1 - 2016/05/23/ N2 - Interaksi sosial dilakukan oleh setiap manusia, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri Jlaban, Sentolo, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi delapan siswa slow learner dan seorang siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datamelalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial berkebutuhan khusus sama dengan siswa rata-rata pada aspek, 1) bergabung dalam kelompok bermain: bergabung dan berkomunikasi dengan teman di luar jam pelajaran; 2) mencari persahabatan berdasarkan kesamaan umur dan jenis kelamin: berteman dengan siswa sekelas dan siswa sesama jenis kelamin; 3) menunjukkan sikap menghargai teman: bertepuk tangan melihat teman mendapatkan penghargaan, menanggapi lawan bicara, dan menerima perbedaan teman; dan 4) berselisih dengan teman: melalui memukul, mencengkeram, menempeleng, dan beradu mulut. Namun berbeda pada aspek, 1) mampu bekerja sama: melaksanakan piket, saling meminjamkan alat tulis, namun tidak berkontribusi dalam kelompok diskusi; 2) bersikap terbuka dan senang bercanda: bercerita dan bercanda, namun tidak bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan; 3) senang mencari perhatian: tampil di hadapan umum dan membantu guru atau teman apabila diperintah; dan 4) menghadapi kritik dan kegagalan: siswa slow learner membantah atau mendiamkan kritik, serta bersikap biasa saja ketika mengalami kegagalan dalam tugas sekolah. Kata kunci: Interaksi Sosial, Siswa Berkebutuhan Khusus A1 - Kusuma, Heni PB - PGSD ER -