%0 Thesis %9 S1 %A Lutfiyani, Gesti %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:33074 %I PGSD %T UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEPEK KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/33074/ %X Penelitian ini dibatasi pada masalah kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik belajar IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan permainan puzzle pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas III SD Negeri Kepek Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dimana peneliti dibantu oleh guru sebagai pemberi tindakan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kepek yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Peningkatan motivasi belajar mencapai keberhasilan jika mencapai persentase lebih dari 60% atau dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Kepek dengan menggunakan media puzzle. Peningkatan motivasi belajar tersebut dapat dilihat dari hasil analisis motivasi belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa sebelum mendapat tindakan adalah 23,98% kategori rendah. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa di kelas III selama pemberian tindakan pada siklus I mencapai 38,055% kategori sedang. Persentase setelah siklus II mencapai 64,135% kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi peningkatan motivasi belajar siswa yang menunjukkan siswa telah tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan (tidak mudah putus asa), menunjukkan minat pada bermacam-macam masalah orang dewasa, lebih senang bekerja mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, senang mencari dan memecahkan masalah pada soal-soal. Kata kunci: motivasi belajar, media puzzle