TY  - THES
TI  - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II
TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V SD NEGERI PERCOBAAN 4 KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO
A1  - Arini, Dian Nur
Y1  - 2016/05/23/
UR  - http://eprints.uny.ac.id/33063/
M1  - skripsi
PB  - PGSD
ID  - UNY33063
N2  - Proses pembelajaran memiliki tujuan. Dalam mencapai tujuan, terdapat kendala, seperti siswa kurang dapat mengendalikan emosi. Untuk itu, guru perlu menggunakan model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kecerdasan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw II terhadap kecerdasan emosi siswa kelas V SD. 
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design (nondesign) dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Percobaan 4 Kecamatan Wates dansampelnya adalah seluruh siswa kelas VA SDN Percobaan 4 Wates.Teknik pengumpulan
data menggunakan angket kecerdasan emosi. Siswa diberi pre test lalu dilaksanakan treatment berupa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II(pengelompokkan, membaca, diskusi kelompok ahli, laporan tim, tes) dan diakhiri dengan post test. Uji validitas menggunakan validitas expert judgement
dan validitas dengan bantuan SPSS 16. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data dengan membandingkan mean hasil pre test dan post test.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil pre test sebesar 68,19 dan post test sebesar 77,92. Ini menunjukkan bahwa hasil post test lebih tinggi dari hasil pre test sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap kecerdasan emosi siswa kelas.

Kata kunci: Jigsaw II, kecerdasan emosi
AV  - restricted
ER  -