%0 Thesis %9 S1 %A Deradi, Harsi %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:33050 %I U N Y %T ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://eprints.uny.ac.id/33050/ %X ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh: Deradi Harsi NIM 11520249002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pemrograman Web di SMK Kelas X Teknik Komputer Jaringan Kota Yogyakarta Ajaran 2015/2016 berdasarkan: (1) Validitas, Reliabilitas, (3) Tingkat kesukaran, (4) Daya pembeda, dan (5) Efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pemrograman Web di SMK Kelas X Teknik Komputer Jaringan Kota Yogyakarta Ajaran 2015/2016 sebanyak 150 soal. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi untuk memperoleh data soal sebanyak 60 pilihan ganda soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pemrograman Web kelas X TKJ SMK Negeri 2 Yogyakarta, 50 pilihan ganda soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pemrograman Web kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta, 60 pilihan ganda soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pemrograman Web kelas X TKJ SMK Piri Yogyakarta, kunci jawaban soal, dan lembar jawab peserta didik, dimana hasil penelitian diwujudkan dengan angka-angka dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan menggunakan bantuan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan kualitas soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pemrograman Web di SMK Kelas X Teknik Komputer Jaringan Kota Yogyakarta Ajaran 2015/2016 masih rendah dengan rincian: (1) Hanya 7 butir soal (5%) yang berkualitas sangat baik, (2) 26 butir soal (17%) yang berkualitas baik, (3) 37 butir soal (25%) yang berkualitas sedang, (4) 33 butir soal (22%) yang berkualitas tidak baik, (5) 47 butir soal (31%) yang berkualitas sangat tidak baik. Butir soal yang berkualitas sangat baik dapat disimpan dalam bank soal atau digunakan untuk kegiatan penilaian selanjutnya sedangkan butir soal yang belum mencapai kualitas sangat baik sebaiknya direvisi dan diujicobakan lagi hingga memenuhi 4 kriteria (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh). Kata kunci: Analisis Butir Soal, Kualitas, Pemrograman Web