@phdthesis{UNY33041, author = {Saputro Ariyanto}, year = {2016}, title = {PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AutoCAD UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 2 PENGASIH YOGYAKARTA}, school = {U N Y}, url = {http://eprints.uny.ac.id/33041/}, abstract = {PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AutoCAD UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 2 PENGASIH YOGYAKARTA Oleh: Ariyanto Saputro NIM. 11518244005 ABSTRAK Tujuan Penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan Modul Pembelajaran AutoCAD untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Ketenagalistrikan, dan (2) Mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran AutoCAD untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Ketenagalistrikan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R\&D) yang meliputi: (1) mengumpulkan potensi masalah, (2) pengumpulan referensi data dan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain oleh ahli, (5) Perbaikan desain, (6)Uji coba produk terbatas, (7) Revisi produk, (8) Uji coba lapangan, (9) revisi produk, (10) produksi modul. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan lima pilihan jawaban untuk siswa dan empat pilihan jawaban untuk ahli. Validitas yang digunakan adalah berdasarkan pendapat dari para ahli. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Modul pembelajaran Kelayakan modul pembelajaran ditunjukkan oleh komponen media, materi serta hasil dari small group test, (2) Kelayakan modul ditinjau dari ahli materi mendapatkan kategori layak sebesar 100 \%. Ditinjau dari ahli media mendapatkan kategori sangat layak 50 \% dan layak sebesar 50 \%. Pada Small group test mendapatkan ketegori layak sebesar 100 \%. Unjuk kerja modul dinilai berdasarkan kompetensi modul saat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar pada siswa. Berdasarkan angket yang di isi 31 siswa, unjuk kerja modul pembelajaran mendapatkan kategori layak 100 \%. Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Gambar Teknik, AutoCAD} }