%J Laporan PPL %L UNY33015 %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, SMK Piri 3 Yogyakarta, Persamaan Dasar Akuntansi dan Laporan Keuangan %T LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIRI 3 YOGYAKARTA %A Diajeng Atika Chandra Kirana Diajeng Atika Chandra Kirana %D 2015 %X Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan pendidikan yang dikuasainya, ke dalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini masyarakat sekolah. Dengan program PPL ini diharapkan praktikan dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Piri 3 Yogyakarta, praktikan mengajarkan mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi kelas X AK Semester Gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media yang dapat memperlancar kegiatan belajar-mengajar, pembuatan RPP dan dokumen administrasi guru lainnya. Pelaksanaan PPL di SMK Piri 3 Yogyakarta mulai dari 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Praktikan mendapat kesempatan 8 kali pertemuan. Materi yang diajarkan adalah Persamaan Dasar Akuntansi dan Laporan Keuangan untuk Perusahaan Jasa, untuk kelas X Ak dengan menerapkan kurikulum KTSP. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dalam pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam bidang kependidikan. Mahasiswa juga dapat memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran maupun kemampuan menyampaikan argumen di depan umum.