<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015"^^ . "Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi\r\nmahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah diterima di bangku perkuliahan\r\nyang kemudian dipraktekkan secara nyata di lapangan khususnya dalam bidang\r\npendidikan. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman\r\nkepada setiap pribadi mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi\r\nseorang calon pengajar. Mahasiswa dituntut untuk mempelajari, mengenal bahkan\r\nmenyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dapat dijumpai di sekolah\r\nkhususnya pada saat praktek mengajar.\r\nSebelum masuk pada pelaksanaan PPL, terlebih dahulu mahasiswa\r\nmelakukan observasi guna menyusun rumusan program yang nantinya akan\r\ndilaksanakan pada saat PPL berlangsung. Selain observasi, mahasiswa disiapkan\r\nsecara matang oleh pihak Universitas melalui berbagai kegiatan pra-PPL mulai dari\r\npembekalan hingga tahap mengikuti matakuliah microteaching.\r\nSetelah semua persiapan dirasa matang maka berlangsunglah kegiatan PPL\r\nyang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri\r\nYogyakarta di setiap lokasi PPL yang sudah ditentukan. Pelaksanaan PPL dimulai\r\npada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL\r\ndilakukan dengan mengajar baik pada intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.\r\nPelaksanaan kegiatan intrakurikuler yaitu mengajar di kelas selama jam kegiatan\r\npembelajaran berlangsung sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah.\r\nPengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan\r\ndalam satu kelas yakni kelas 7A, 7E, 7F dan sebanyak empat kali pada kelas 9B, 9C,\r\n9D. Sebelum praktek mengajar di kelas, mahasiswa praktikan menyiapkan segala\r\nkelengkapan yang umumnya dilakukan oleh guru-guru professional yaitu membuat\r\nSilabus, Rancangan program Pembelajaran (RPP), hingga Kisi-kisi Soal Ujian.\r\nMetode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain: informasi,\r\ndemonstrasi, diskusi, dan praktek. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran\r\ndigunakan beberapa media antara lain partitur lagu, alat-alat musik mulai dari tradisional (angklung) hingga alat musik modern, dan berbagai macam media yang\r\ndibuat oleh mahasiswa sendiri yang tentunya bertujuan untuk mempermudah siswa\r\ndalam menangkap materi yang diajarkan. Pada pelaksanaan kegiatan\r\nekstrakurikuler, di sini mahasiswa membantu guru Seni Budaya (Seni Musik) untuk\r\nmengajar paduan suara dan ansambel musik. Peran mahasiswa di sini selain\r\nmembantu juga sebagai pengembang kegiatan ekstrakurikuler misalnya saja dalam\r\npemilihan dan pembuatan materi lagu yang akan dimainkan pada ekstrakurikuler\r\nansambel musik.\r\nDalam melaksanakan kegiatan PPL tentu mahasiswa menjumpai banyak\r\nkendala dan hambatan, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam\r\npengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan; atau juga menghadapi siswa yang\r\ncukup kesulitan mengikuti materi pembelajaran Seni Budaya. Namun, tugas\r\nmahasiswa sebagai calon pengajar adalah memberikan pengetahuan kepada peserta\r\ndidiknya, di sini mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif sehingga peserta didik dapat\r\nlebih mudah memahami materi yang diberikan juga diharapkan peserta didik akan\r\nmenyenangi matapelajaran yang diampu oleh mahasiswa.\r\nDengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan\r\ngambaran secara nyata tentang kegiatan di dalam dunia pendidikan khususnya di\r\nsekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung\r\nterlaksananya program-program PPL yang berjalan dengan lancar dan sukses.\r\nDengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik\r\nyang professional dan berkualitas"^^ . "2015" . . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Laporan PPL"^^ . . . . . . . . "Brigitta Puspa J"^^ . "Brigitta Puspa J"^^ . "Brigitta Puspa J Brigitta Puspa J"^^ . . . . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 (Text)"^^ . . . "12208241077 BRIGITTA PUSPA J.pdf"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #32921 \n\nLAPORAN INDIVIDU \nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN \nPeriode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .