<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan signifikan\r\npembelajaran IPA yang menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan\r\npendekatan kontekstual ditinjau dari keterampilan proses dan ditinjau dari sikap\r\nilmiah. Kemudian mengetahui pendekatan yang lebih baik dalam pembelajaran IPA\r\nantara kelas berpendekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan kontekstual ditinjau\r\ndari keterampilan proses dan ditinjau dari sikap ilmiah. Penelitian dilakukan pada\r\npeserta didik kelas VII SMPN 2 Depok dengan materi pembelajaran “Pencemaran\r\nLingkungan”. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain Posttestonly\r\n\r\nControl Design yang dilakukan di SMP Negeri 2 Depok. Sampel dalam\r\npenelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga\r\ndiperoleh Kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII B sebagai kelas\r\neksperimen 2. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen 1 yaitu\r\nmelaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan\r\nmetode eksperimen, sedangkan pada kelas ekspeirmen 2 menggunakan pendekatan\r\nkontekstual dengan metode eksperimen. Data keterampilan proses diperoleh\r\ndengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses. Data sikap ilmiah\r\npeserta didik diperoleh dengan menggunakan lembar observasi sikap ilmiah.\r\nPengujian hipotesis dilakukan independent sample t-test. Untuk menentukan\r\npendekatan yang lebih baik dilihat dari jumlah rata-rata skor keterampilan proses\r\ndan sikap ilmiah. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara\r\npembelajaran IPA yang menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan\r\npendekatan kontekstual ditinjau dari keterampilan proses dan terdapat perbedaan\r\nsignifikan antara pembelajaran IPA yang menggunakan pendekatan inkuiri\r\nterbimbing dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari sikap ilmiah. Kemudian\r\npendekatan inkuiri terbimbing lebih baik daripada pendekatan kontekstual ditinjau\r\ndari keterampilan proses peserta didik dan pendekatan inkuiri terbimbing lebih baik\r\ndibandingkan pendekatan kontekstual ditinjau dari sikap ilmiah peserta didik. \r\n\r\n \r\nKata kunci: pendekatan inkuiri terbimbing, pendekatan kontekstual, metode\r\neksperimen, keterampilan proses, sikap ilmiah"^^ . "2016-04-19" . . . . . . . "FMIPA"^^ . . . "UNY, FMIPA"^^ . . . . . . . . . "Putri"^^ . "Handayani"^^ . "Putri Handayani"^^ . . . . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Text)"^^ . . . "Abstrak.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Text)"^^ . . . "2. BAB I.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Text)"^^ . . . "3. BAB II.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Text)"^^ . . . "4. BAB III.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Text)"^^ . . . "7. DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN\r\nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \r\nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI\r\n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \r\nILMIAH PESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #32844 \n\nPERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN \nINKUIRI TERBIMBING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL \nMELALUI METODE EKSPERIMEN DITINJAU DARI \n KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP \nILMIAH PESERTA DIDIK\n\n" . "text/html" . . . "Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam"@en . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .