TY - THES ID - UNY32820 M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA CERPEN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/32820/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebiasaan membaca cerpen; (2) mendeskripsikan keterampilan menulis narasi; (3) menguji hubungan antara kebiasaan membaca cerpen dengan keterampilan menulis narasi. Populasi dalam penelitian ini ada 8 kelas dengan jumlah siswa 228 orang. Sampel penelitian ini diambil sebesar 50% sehingga didapat sampel sebesar 4 kelas dengan jumlah siswa 111. Teknik penyampelan yang digunakan adalah proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes tulis. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca cerpen siswa Kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan jumlah siswa 111 dapat diketahui bahwa sebanyak 96 siswa (82,88%) berada pada kategori sedang, 13 siswa (11,71%) berada pada kategori tinggi, dan 6 siswa (5,41%) berada pada kategori rendah; (2) keterampilan menulis narasi siswa Kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan jumlah siswa 111 dapat diketahui bahwa sebanyak 65 siswa (58,56%) berada pada kategori sedang, 19 siswa (17,12%) berada pada kategori tinggi, dan 27 siswa (24,32%) yang berada pada kategori rendah ; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca cerpen dengan keterampilan menulis narasi siswa Kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta sebesar 9,43 dengan r hitung 0,943 dan r tabel (n= 111) adalah 0,241 pada taraf koefisiensi 1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan membaca cerpen dengan keterampilan menulis narasi mempunyai hubungan timbal balik. Hal ini dikarenakan dalam cerpen pasti terdapat narasi yang menjadi dasar dalam sebuah cerpen. Y1 - 2016/05/18/ A1 - Chasanah, Uswatun PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -