@phdthesis{UNY32800, year = {2016}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Ayu Ayu Romadhani}, title = {MOTIVASI BELAJAR WARGA KELOMPOK KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) PERSADA BANTUL}, month = {May}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32800/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) motivasi belajar warga kelompok keaksaraan fungsional di PKBM Persada, (2) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga kelompok keaksaraan fungsional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini adalah pengelola PKBM Persada, tutor keaksaraan fungsional dan warga belajar keaksaraan fungsional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan metode dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan beberapa sumber/ narasumber dan metode yang digunakan dalam mencari informasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) motivasi belajar warga kelompok keaksaraan fungsional adalah variatif. Motivasi dapat digambarkan melalui indikator motivasi, terdiri dari ketekunan dalam belajar menunjukkan kehadiran warga belajar saat pembelajaran bersifat fluktuatif dan kesempatan belajar di rumah dimanfaatkan oleh warga belajar dengan pendampingan dari pihak keluarga. Sikap ulet dalam menghadapi kesulitan menunjukkan sikap keingintahuan melalui usaha bertanya kepada tutor. Minat dan ketajaman perhatian dalam belajar menunjukkan kebiasaan yang dilakukan oleh warga belajar meliputi kebiasaan bertanya, kebiasaan mengeluarkan pendapat dan kebiasaan hanya sebatas mengikuti alur pembelajaran. Semangat warga belajar bervariasi. Berprestasi dalam belajar menunjukkan warga belajar memiliki keinginan untuk berprestasi. Kemandirian dalam belajar menunjukkan aspek penyelesaian tugas/ pekerjaan rumah dilakukan oleh warga belajar secara langsung di tempat pembelajaran setelah selesai pembelajaran. Penggunaan kesempatan di luar jam pelajaran dimanfaatkan dengan belajar di rumah dengan bimbingan pihak keluarga, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi antara lain adanya keinginan meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan membaca dan menulis; adanya dukungan dari pihak keluarga dan masyarakat; kesibukan bekerja; kepentingan-kepentingan di masyarakat dan menarik atau tidaknya materi terhadap minat warga belajar. Kata kunci: motivasi belajar, warga belajar, keaksaraan fungsional} }