%0 Thesis %9 S1 %A Biantari, Maya Ike %A Mukhamad Murdiono, %B PKnH %D 2016 %F UNY:32784 %I FIS %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PORTOFOLIO TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN %U http://eprints.uny.ac.id/32784/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) pengaruh penggunaan media portofolio terhadap sikap demokratis peserta didik kelas XI dalam pembelajaran PPKn di SMKN 3 Yogyakarta, 2) pengaruh penggunaan media portofolio terhadap prestasi belajar kelas XI dalam pembelajaran PPKn di SMKN 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan control group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMKN 3 Yogyakarta sebanyak 600 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan cara simple random sampling, sebanyak 2 kelas yaitu XI TL2 sebagai kelas eksperimen (30 peserta didik) dan XI TL1 sebagai kelas kontrol (30 peserta didik). Teknik pengumpulan data dengan angket untuk mengukur sikap demokratis dan tes untuk menilai prestasi belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikasi 5% yang dilakukan dengan bantuan komputer SPSS seri 16.00. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengaruh penggunaan media portofolio lebih besar dibandingkan media gambar untuk meningkatkan sikap demokratis peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t sikap demokratis peserta didik dengan nilai thitung sebesar 11,914 dan nilai ttabel dengan df 58 pada taraf signifikasi 5% sebesar 2,00171. Nilai thitung