%X Pelajaran matematika yang masih dirasa sulit bagi siswa menjadikan siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadikan prestasi belajar matematika rendah dibandingkan mata pelajaran lain, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas III semester genap melalui media tangram di SD Muhammadiyah Sidomulyo tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Sidomulyo tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 17 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika dalam materi unsur dan sifat bangun datar. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah Sidomulyo. Hal itu terbukti pada pra siklus persentasenya 47,06%, pada siklus I meningkat menjadi 58,82% dan menjadi 94,12% pada siklus II. Begitu juga hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 60% dan mengalami kenaikan menjadi 82,5% pada siklus II. Kata kunci: prestasi belajar matematika, tangram %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SEMESTER GENAP MELALUI MEDIA TANGRAM DI SD MUHAMMADIYAH SIDOMULYO TAHUN AJARAN 2015/2016 %D 2016 %A Risa Adilah Utami %I PGSD %L UNY32779