%0 Thesis %9 S1 %A Rahayu, Wiwit %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:32773 %I PGSD %T PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/32773/ %X Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) tergolong masih rendah, salah satunya karena materi yang begitu banyak. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat mengatasai masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) digunakan sebagai pedoman guru dalam mengajar, lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dengan metode mind mapping, lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode mind mapping, studi dokumentasi untuk memperkuat data yang diperoleh, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari. Peningkatan tersebut dilaksanakan melalui modifikasi tindakan berupa: penyampaian materi dengan metode mind mapping yang dimodifikasi, siswa mencari kata kunci berdasarkan materi bacaan, siswa membuat mind map dengan bimbingan guru, siswa mempresentasikan hasil mind map. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh pada setiap akhir siklus menunjukan peningkatan hasil belajar IPS. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 26,08% (pra tindakan 34,78%, siklus I 60,86%) dengan nilai rata-rata kelas 74,73. Pada siklus II menglami peningkatan sebesar 30,44% (siklus I 60,86%, siklus II 91,3%) dengan nilai rata-rata kelas 86. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai siklus II dapat diakumulasikan sebesar 56,52%. Kata kunci: hasil belajar IPS, metode mind mapping