eprintid: 32737 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/27/37 datestamp: 2016-05-17 06:21:57 lastmod: 2019-10-01 11:47:22 status_changed: 2016-05-17 06:21:57 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dimas Bima Nur May, Dimas Bima Nur May title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Teknik Bubut, SMK Negeri 3 Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program atau mata kuliah wajib dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan meliputi kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya proses pembelajaran yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan. Pada kegiatan PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Selain itu, mahasiswa juga dapat belajar mengenai situasi pembelajaran di kelas yang sesungguhnya. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan R.W. Monginsidi 2A, Yogyakarta merupakan lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama ± 1 bulan pada semester khusus mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 26 September 2015. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa sehingga mempunyai kesiapan untuk menjadi seorang pendidik yang berkualitas. Dalam pelaksanaanya mahasiswa mahasiswa PPL melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Teknik Bubut sebanyak 1 kelas yaitu XI TP 2 dengan jumlah pertemuan kelas sebanyak 5 kali pertemuan. Secara keseluruhan, peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh mahasiswa PPL. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 2 RPP dan 5 jobsheet. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini, mahasiswa PPL dapat menerapkan langsung ilmu yang sudah diperoleh di bangku perkuliahan, belajar mengenai penguasaan proses pembelajaran di kelas yang sesungguhnya dengan solusi untuk berbagai permasalahan yang ada serta menumbuhkan rasa pentingnya untuk menjadi seorang pendidik yang baik. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Dimas Bima Nur May, Dimas Bima Nur May (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32737/1/Pend.Tek%20Mesin_12503241046_DIMAS%20BIMA%20NUR%20MAY.pdf