eprintid: 32731 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/27/31 datestamp: 2016-05-17 06:04:05 lastmod: 2019-10-01 11:46:15 status_changed: 2016-05-17 06:04:05 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Arif Nugroho, Arif Nugroho title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK N 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 3 Yogyakarta, Teknik Mikroprosesor abstract: Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh yang diambil oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari PPL itu sendiri adalah 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan menggembangkan kompetensi perguruan atau pendidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan, 4) Memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, 5) Meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan Pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. Kegiatan PPL dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015 di SMK N 3 Yogyakarta. Sebelum terjun langsung di sekolah, mahasiswa terlebih dahulu melakukan observasi kelas dan observasi sekolah untuk mengetahui kondisi sekolah. Mata pelajaran yang diampu saat pelaksanaan PPL adalah Teknik Mikroprosesor. Pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 1 kali tatap muka untuk mata pelajaran Teknik Mikroprosesor. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa membuat perlengkapan mengajar, dan mengevaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah memberikan wawasan dan rasa tanggung jawab sebagai pendidik terhadap pengelolaan proses belajar mengajar di sekolah, memberikan pengalaman pendidikan maupun profesi yang dapat meningkatkan kemampuan atau profesionalisme calon pendidik di bidang kependidikan. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Arif Nugroho, Arif Nugroho (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK N 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32731/1/Pend.Tek%20Mekatronika_12518244003_ARIF%20NUGROHO.pdf