%L UNY32619 %X Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menguji keefektifan strategi K-W-L Plus, QAR, dan strategi tradisional BSD; (2) untuk menentukan strategi yang lebih efektif antara strategi K-W-L Plus dengan strategi QAR; (3) untuk menetapkan strategi yang lebih efektif antara strategi K-W-L Plus dengan strategi tradisional BSD; (4) untuk menentukan strategi yang lebih efektif antara strategi QAR dengan strategi tradisional BSD; dan (5) untuk menetapkan strategi yang paling efektif antara strategi K-W-L Plus, QAR, dan strategi tradisional BSD dalam peningkatan pemahaman bacaan teks hortatory exposition siswa SMA kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control-Group Design. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman bacaan teks hortatory exposition dan lembar observasi. Tes diberikan pada tiga kelompok pembelajaran membaca, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi K-W-L Plus dan strategi QAR, dan kelompok kontrol yang menggunakan strategi tradisional BSD sesuai dengan kebiasaan mengajar guru. Lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran membaca dengan menggunakan ketiga strategi tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA XI IPA yang kondisinya sama dengan siswa di tempat eksperimen. Sampel penelitian ialah seluruh siswa SMA Negeri 1 Pelaihari kelas XI IPA yang terdiri atas tiga kelas yang dipilih secara random untuk diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji paired samples t-test dan uji Anava yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi K-W-L Plus, QAR, dan strategi tradisional BSD efektif; (2) strategi K-W-L Plus lebih efektif dibandingkan dengan strategi QAR; (3) strategi K-W-L Plus lebih efektif dibandingkan dengan strategi tradisional BSD; (4) strategi QAR lebih efektif dibandingkan dengan strategi tradisional BSD; dan (5) strategi K-W-L Plus paling efektif dibandingkan dengan strategi QAR dan strategi tradisional BSD dalam peningkatan pemahaman bacaan teks hortatory exposition siswa SMA kelas XI IPA. %A Nor Astiyah %K strategi K-W-L Plus, QAR, strategi tradisional BSD, pemahaman bacaan teks hortatory exposition %T Keefektifan Strategi K-W-L Plus dan QAR dalam Peningkatan Pemahaman Bacaan Teks Hortatory Exposition Siswa SMA %D 2012 %I UNY