%L UNY32611
%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesulitan yang dialami
siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 dalam
menyelesaikan masalah aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip
pemfaktoran, serta (2) penyebab kesulitan dari diri siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian
studi kasus. Dalam penelitian ini, ditetapkan 12 siswa sebagai subjek penelitian
yang ditentukan berdasarkan hasil ulangan harian dan hasil tes formatif. Data
kualitatif dikumpulkan dengan metode observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, tes formatif, dan pedoman
wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas,
dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan yang dialami siswa
kelas VIII A tahun ajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan masalah aljabar yang
berkaitan dengan pemfaktoran adalah (a) dalam penguasaan konsep, siswa masih
kesulitan dalam memfaktorkan bentuk aljabar yang menggunakan hukum
distributif; (b) dalam penguasaan prinsip, siswa masih kesulitan dalam
menentukan langkah-langkah memfaktorkan; (2) penyebab kesulitan dari diri
siswa yang ditemukan berasal dari faktor intern, yang paling berpengaruh, yaitu
siswa belum berani bertanya pada guru ketika mengalami kesulitan belajar dan
siswa belum memiliki kesadaran untuk belajar secara rutin.
Kata Kunci : studi kasus, kesulitan belajar, pemfaktoran bentuk aljabar
%A Arif Nur Fitriyanti
%I UNY
%D 2016
%T STUDI KASUS KESULITAN SISWA KELAS VIII A
SMP NEGERI 2 KALASAN TAHUN AJARAN 2015/2016
DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR
YANG BERKAITAN DENGAN PEMFAKTORAN