%L UNY326 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan tes formatif mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010, yang meliputi: (1) perencanaan tes, (2) pengelolaan tes, (3) kualitas butir tes, (4) prestasi belajar siswa, (5) pemanfaatan hasil tes, dan (6) tindak lanjut hasil tes. Subjek penelitian ini adalah enam guru mata pelajaran Ekonomi kelas XI dan 160 siswa kelas XI. Model pendekatan evaluasi yang digunakan adalah Discrepancy Model (Model Kesenjangan), yaitu melihat kesenjangan untuk mengetahui kesesuaian antara keadaan yang ideal secara teoritik dengan kondisi sesungguhnya. Analisis butir tes bentuk objektif dilakukan dengan program Item Analysis (ITEMAN). Sedangkan analisis butir tes bentuk uraian dilakukan secara manual. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan tes formatif dalam penyusunan kisi-kisi tes formatif, penulisan tes formatif, penyusunan butir tes formatif dan penyusunan pedoman penskoran termasuk dalam kategori tinggi, hanya saja untuk analisis/telaah butir soal dan perbaikan butir tes formatif masih dalam kategori cukup, (2) pengelolaan tes formatif dalam pemberitahuan pelaksanaan tes, penjelasan petunjuk tes, presensi siswa, dan pengumpulan lembar jawaban termasuk kategori tinggi, hanya pengawasan tes yang berada pada kategori cukup, (3) kualitas butir tes tidak baik, (4) prestasi belajar siswa rendah, (5) pemanfaatan hasil tes dalam perbaikan pola belajar siswa termasuk kategori cukup, sedangkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan sebagai acuan pola mengajar guru termasuk ketegori tinggi, (6) kegiatan tindak lanjut dalam pemberitahuan hasil tes dan remedial termasuk kategori tinggi, tetapi dalam kegiatan pengayaan termasuk kategori kurang %A Eny Kurniyawati %T EVALUASI PELAKSANAAN TES FORMATIF MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 %I uny %D 2011