TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id M1 - skripsi ID - UNY32584 AV - public TI - Gaya Belajar Peserta Olimpiade Sains Nasiona IPS SMP Tingkat Nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010-2015 PB - FIS A1 - Rusmawati, Dita Agustina N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta Olimpiade Sains Nasional IPS SMP Tingkat Nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010-2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar peserta Olimpiade Sains Nasional IPS SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta Olimpiade Sains Nasional IPS SMP Tingkat Nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010-2015 sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas yang digunakan dengan menggunakan korelasi product moment yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji realibitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,831. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peserta olimpiade IPS mayoritas memiliki gaya belajar visual sebanyak 52,9%. Responden memiliki gaya belajar visual kategori sangat tinggi sebanyak 44 %, kategori tinggi sebanyak 45% , dan kategori sedang sebanyak 11% serta tidak ada responden yang memiliki gaya belajar rendah dan sangat rendah. Peserta olimpiade yang memiliki gaya belajar auditorial sebanyak 26,5%. Responden memiliki gaya belajar auditorial yang sedang sebanyak 56%. Responden yang memiliki gaya belajar tinggi sebanyak 44%. Tidak ada responden yang memiliki gaya belajar auditorial yang sengat tinggi, rendah dan sangat rendah. Peserta olimpiade yang memiliki gaya belajar kinestetik sebanyak 20,6%. Responden memiliki gaya belajar kinestetik yang sedang dan tinggi sebanyak 43%. Responden yang memiliki gaya belajar kinestetik kategori tinggi sebanyak 14%, dan tidak ada responden yang masuk dalam kategori rendah dan sangat rendah Kata Kunci: Gaya Belajar, Olimpiade Sains Nasional IPS Y1 - 2016/// ER -