%I U N Y %D 2016 %T Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik %L UNY32569 %A Hidayat Rahmat %X Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Oleh : Rahmat Hidayat 11503241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap peningkatan prestasi belajar siswa jurusan teknik mesin kelas X di SMK N 2 Pengasih yang diajar dengan metode pembelajaran PBL pada mata pelajaran Mekanika Teknik, dan (2) mengungkap metode pembelajaran PBL yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Mesin kelas X di SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan yaitu : (1) studi dan perencanaan, (2) pengambilan tindakan, (3) pengumpulan dan analisis kejadian dan, (4) refleksi. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih. Data dikumpulkan dengan tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t-tes. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus 1 dengan 8 siswa yang tidak tuntas KKM (25 %), menurun pada siklus 2 dengan 17 siswa tidak tuntas KKM (53.125%), menurun pada siklus 3 dengan 10 siswa yang tidak tuntas KKM (31.25), dan meningkat pada siklus 4 dengan 1 siswa yang tidak tuntas KKM (3.125%), (2) metode PBL yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar Mekanika Teknik siswa kelas X jurusan teknnik mesin adalah PBL yang menekankan pendekatan personal yang humanis dalam proses pembelajaran. Kata kunci: problem based learning, prestasi belajar, dan mekanika teknik