eprintid: 32528 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/25/28 datestamp: 2016-05-11 02:58:50 lastmod: 2019-10-01 11:49:02 status_changed: 2016-05-11 02:58:50 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ika Rahmawati Dewi, Ika Rahmawati Dewi title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 Yogyakarta ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, PPL UNY, PPL UNY 2015, SMAN 2 Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program perkuliahan lapangan yang wajib ditempuh oleh semua mahsiswa program studi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. PPL UNY semester khusus dibagi berdasarkan beberapa regional wilayah sekolah, yaitu kota Yoagyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Magelang, kota Magelang, dan beberapa kota dan kabupaten di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi SMA Negeri 2 Yogyakarta terdiri dari 18 mahasiswa dari 9 program studi. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan. Banyak kegiatan yang dilakukan selama praktik lapangan ini, beberapa diantaranya yaitu kegiatan mengajar dan piket yang dilakukan di berbagai unit sekolah. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengenal lebih dalam tentang kehidupan dan lingkungan sekolah yang akan dijalani nantinya. Praktek mengajar dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Praktek mengajar dilakukan di kelas X MIIA 1 dan X MIIA 2. Materi yang diberikan meliputi materi teks laporan hasil observasi dan materi teks prosedur kompleks. Kegiatan PPL dilaksanakan dengan bimbingan guru pamong. Guru pamong adalah guru mata pelajaran yang diberi tanggung jawab untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa PPL di sekolah. Peran guru pamong sangat penting dalam pelaksanaan PPL. Kegiatan mengajar di kelas selalu didampingi oleh guru pamong. Hal ini sesuai dengan peraturan PPL UNY dengan tujuan agar mahasiswa dan guru pamong mampu berkoordinasi dengan baik dalam merumuskan kegiatan pembelajaran di kelas. Terdapat banyak kesulitan dalam proses pembelajaran di sekolah. Hal ini disebebkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu ketersediaan media pembelajaran yang sanagat terbatas. Namun hal itu dapat diatasi dengan menciptakan media pembelajaran yang baru dan kreatif. Ketersediaan media pembelajaran yang menarik mampu membuat siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ika Rahmawati Dewi, Ika Rahmawati Dewi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32528/1/Pend.%20Bahasa%20dan%20Sastra%20Indonesia_Ika%20Rahmawati%20Dewi_12201244035.pdf