%0 Report %9 Project Report %A Fadlan Gilang Nugroho, Fadlan Gilang Nugroho %D 2015 %F UNY:32522 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Praktek Pengalaman Lapangan, SMK N 7 Yogyakarta %T LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Alamat: Jalan Gowongan Kidul Jt. III/416 Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/32522/ %X ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di SMK N 7 Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di bangku perkuliahan kedalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini masyarakat sekolah. Dengan program PPL ini diharapkan praktikan dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK N 7 Yogyakarta, praktikan mengajarkan materi Definisi sarana pendidikan dari berbagai sumber, Definisi prasarana pendidikan dari berbagai sumber, Ruang lingkup sarana dan prasarana perkantoran menurut jenisnya (perlengkapan/peralatan kantor dan mesin-mesin kantor), Ruang lingkup sarana dan prasarana perkantoran menurut jenisnya (perabot kantor dan interior kantor), Pengertian dan bentuk-bentuk tata ruang kantor, Pedoman dan faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor, dan Ruang lingkup sarana pendidikan dan prasarana pendidikan di XI AP 1 dan XI AP2. Hal-hal lain yang dilakukan selain mengajar adalah, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media pembelajaran, pembuatan modul dan pembuatan RPP. Metode yang digunakan dalam mengajar bervariasi, yaitu presentasi, praktik di depan kelas dan diskusi kelompok. Hasil pelaksanaan PPL di SMK N 7 Yogyakarta mulai dari 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional) yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Praktikan mendapat kesempatan 7 kali pertemuan di kelas XI AP1 dan XI AP2. Materi yang diajarkan yaitu kompetensi dasar : vi 1) Pengertian Pelayanan Prima 2) Tujuan Playanan Prima 3) Fungsi Pelayanan Prima 4) Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep A3