@techreport{UNY32521, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, year = {2015}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, author = {Ratna Fitriani Ratna Fitriani}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta}, keywords = {PPL, guru}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32521/}, abstract = {Tantangan dunia pendidikan dan IPTEK mengharuskan kita sebagai calon tenaga kependidikan mempunyai kemampuan yang baik dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik. Menjadi guru yang profesional harus memenuhi kompetensi yang sudah ditentukan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas sebagai transfer ilmu dan pengetahuan di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Program kegiatan yang dilaksanakan adalah mengajar terbimbing. Kompetensi yang diajarkan yaitu Mengelola Data/ Informasi di Tempat Kerja kelas XII Administrasi Perkantoran. Kegiatan ini diawali dari persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan refleksi. Dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan PPL ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang proses pembelajaran di kelas, administrasi guru, kegiatan sekolah, dan dunia pendidikan pada umumnya. Total pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan yaitu 145,25 jam} }