@phdthesis{UNY32518,
           title = {Peran Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab Lisan Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton},
          school = {UNY},
          author = {Mohammad Amiruddin},
            year = {2012},
           month = {August},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/32518/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran  lingkungan bahasa dalam pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab  lisan santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. Lingkungan bahasa meliputi interaksi santri dengan sesama santri dalam pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab, peran interaksi santri dengan ustad dalam pemerolehan  bahasa Inggris dan bahasa Arab, dan peran interaksi  santri dengan sesama santri dan interaksi santri dengan ustad secara bersamaan dalam pemerolehan  bahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai bahasa kedua lisan santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid	Kompleks E Paiton yakni 130 santri. Sampel sebesar 95  santri ditentukan dengan teknik proportional stratified  random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket  dan tes kompetensi berbicara dengan teknik wawancara   yang  telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data   dianalisis menggunakan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran interaksi santri dengan sesama santri dalam pemerolehan bahasa Inggris adalah rendah (0,192) dan bahasa Arab (0,089), peran  interaksi santri dengan ustad dalam pemerolehan bahasa Inggris adalah rendah (0,224) dan bahasa Arab (0,059),  peran interaksi santri dengan dengan sesama santri dan  interaksi santri dengan ustad secara bersamaan dalam pemerolehan bahasa Inggris adalah rendah (0,285) dan  bahasa Arab (0,158). Interaksi yang dilakukan santri  dengan sesama santri dan ustad berpengaruh terhadap  pemerolehan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Santri yang  sering berinteraksi dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab memperoleh input yang lebih banyak dan mempunyai kelancaran atau kefasihan yang lebih baik dari pada santri yang tidak atau jarang berinteraksi dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab.},
        keywords = {lingkungan bahasa, pemerolehan bahasa, bahasa Inggris, bahasa Arab}
}