@techreport{UNY32479, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA}, author = {Barkah Rineka Tama Barkah Rineka Tama}, abstract = {Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu sarana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu,kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, yang terletak di Jl.Tukangan No. 01 Tegalpanggung,Danurejan, Yogyakarta Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Muhammadiyah 2Yogyakarta, praktikan mengajarkan materi Pkn kelas X ADP 2 dan XI Akuntansi,semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas,konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakartayang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X ADP 2 dan XI Akuntansi . Mahasiswa melakukan praktikmengajar dikelas setiap hari Jum,at jam ke- 1 di XI Akuntansi dan Sabtu jam ke- 1 dikelas ADP 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32479/} }