@phdthesis{UNY32463, school = {FMIPA}, title = {Pengembangan LKPD IPA dengan Pendekatan Authentic Inquiry Learning pada Sub Materi ?Fotosintesis? untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Sikap Ingin Tahu Peserta Didik Kelas VII SMP}, year = {2016}, author = {Wulan Ambar Pratiwi}, month = {April}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32463/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan LKPD IPA yang dihasilkan dengan pendekatan Authentic Inquiry Learning; (2) mengetahui pengembangan LKPD IPA untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik; dan (3) mengetahui pengembangan LKPD IPA untuk meningkatkan sikap ingin tahu peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model 4-D Thiagarajan, et all. Model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) namun tahap ini tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi LKPD, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi problem solving, soal pretest dan posstest, angket sikap ingin tahu dan lembar observasi sikap ingin tahu. Penelitian ini melibatkan 3 dosen ahli dan 3 guru IPA sebagai validator, serta 33 siswa kelas VII G SMP 1 Sleman sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Reliabilitas kelayakan LKPD melalui Uji Borich, gain score problem solving, persentase problem solving dan persentase sikap ingin tahu. Hasil penelitian diperoleh (1) kelayakan LKPD IPA yang telah dihasilkan dengan pendekatan Authentic Inquiry Learning pada sub materi ?Fotosintesis? ini termasuk dalam kategori sangat baik (A) menurut dosen ahli, guru IPA dan peserta didik, ditinjau dari aspek kesesuaian isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Reliabilitas kelayakan LKPD yaitu sebesar 93,47\% sehingga memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar. (2) LKPD IPA dapat meningkatkan problem solving dengan hasil perhitungan gain score sebelum menggunakan LKPD dan setelah menggunakan LKPD diperoleh nilai 0,39 dengan kategori sedang. Persentase problem solving peserta didik melalui observasi meningkat sebesar 15,35 \% dari kategori cukup menjadi baik. (3) LKPD IPA berpotensi meningkatkan sikap ingin tahu peserta didik yang dibuktikan dengan peningkatan pada setiap pertemuan dari kategori baik menjadi sangat baik. Kata kunci: LKPD IPA, Authentic Inquiry Learning, Problem Solving, Sikap Ingin Tahu} }