TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/32462/ ID - UNY32462 Y1 - 2016/04/15/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan sikap ingin tahu peserta didik antara kelas yang menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) pada pembelajaran IPA di SMP N 2 Kalasan, (2) perbedaan keterampilan proses peserta didik antara kelas yang menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) pada pembelajaran IPA di SMP N 2 Kalasan, (3) perbedaan sikap ingin tahu dan keterampilan proses peserta didik antara kelas yang menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) pada pembelajaran IPA di SMP N 2 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 191 siswa kelas VII SMP N 2 Kalasan. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 59 siswa yang terdiri dari kelas VIIE dan VIIF. Kelas VIIE sebagai kelas kontrol dan kelas VIIF sebagai kelas ekspermen. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest, lembar observasi sikap ingin tahu dan lembar observasi keterampilan proses. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial menggunakan Uji Manova. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan signifikan pembelajaran IPA berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) terhadap sikap ingin tahu peserta didik kelas VII di SMP N 2 Kalasan, (2) ada perbedaan signifikan pembelajaran IPA berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) terhadap keterampilan proses peserta didik kelas VII di SMP N 2 Kalasan, (3) ada perbedaan signifikan pembelajaran IPA berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) terhadap sikap ingin tahu dan keterampilan proses peserta didik kelas VII di SMP N 2 Kalasan. Kata kunci: Jelajah Alam Sekitar (JAS), sikap ingin tahu, keterampilan proses PB - FMIPA A1 - Setyawati, Anis TI - PERBEDAAN SIKAP INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN PROSES PESERTA DIDIK ANTARA KELAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DAN EKSPLORASI, ELABORASI, KONFIRMASI (EEK) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP N 2 KALASAN M1 - skripsi AV - public ER -