eprintid: 32395 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/23/95 datestamp: 2016-05-04 05:23:02 lastmod: 2019-10-01 11:50:46 status_changed: 2016-05-04 05:23:02 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Niken Kusdayanti, Niken Kusdayanti title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib berbobot 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus yang berlokasi di SMK Koperasi telah dilaksanakan mahasiswa PPL pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari program Bimbingan Konseling, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Akuntansi Internasional, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan Pendidikan Kewarganegaraan.Tujuan penyusun melakukan PraktikPengalaman Lapangan ini untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Setelah melakukan PPL diharapkan mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang professional dan mampu memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI Akuntansi 1 dan 3 dengan mata pelajaran Kewirausahaan yang masing-masing berjumlah 20 dan 21 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 4-5kali di 2 kelas tersebut termasuk pelaksanaan ulangan harian, jadi keseluruhan jumlah praktik mengajar sebanyak 8 kali.Selain praktik mengajar, program kegiatan PPL juga meliputi penyusunan perangkat administrasi guru, program pendampingan kegiatan sekolah seperti Pramuka, Gerakan Disiplin Sekolah/tonti, OSIS, dan Ekstrakulikuler Olahraga.Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Hambatan yang muncul merupakan hal yang wajar. Namun, dengan kerjasama antar anggota PPL hambatan-hambatan bisa ditekan dan program bisa terlaksana. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih satu bulan di SMK Koperasi, mahasiswa PPL dapat mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti: penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Kewirausahaan yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan, serta mahasiswa bisa memperoleh pengalaman mengajar peserta didik dengan perilaku dan sikap yang berbeda. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Niken Kusdayanti, Niken Kusdayanti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/32395/1/LAPORAN%20PPL%20-%20NIKEN%20KUSDAYANTI.pdf