%0 Thesis %9 S2 %A Helmon, Arnoldus %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:32382 %I UNY %K Perangkat pembelajaran tematik integratif, PBL, keefektifan, kemampuan berpikir kritis, dan karakter peduli lingkungan %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Serayu %U http://eprints.uny.ac.id/32382/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis model Problem-Based Learning yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SDN Serayu, dan menguji keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah desain R&D Borg dan Gall. Uji coba produk meliputi uji ahli, uji coba terbatas, ujicoba luas dan uji operasional. Penelitian dilakukan di SDN Serayu, Kota Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumennya berupa panduan wawancara, rating scale, angket validasi kelayakan produk, angket respon guru dan siswa, angket karakter peduli lingkungan, dan tes kemampuan berpikir kritis. Keefektifan produk diuji melalui quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non- equivalent group design. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif dan kuantitatif melalui uji beda dengan interval kepercayaan sebesar 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan yang dibuktikan dengan rerata skor kelayakan silabus sebesar 44,5, RPP sebesar 74, buku ajar sebesar 56,5, LKS sebesar 33,5, dan instrumen penilaian sebesar 21 yang semuanya terkategori sangat baik. Produk yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang dibuktikan dengan rerata nilai postes kelas eksperimen IVA dan IVC yang masing-masing memperoleh 79,28 dan 79,75. Pada kelas kontrol IVB reratanya hanya 67,25. Perbedaan rerata ini signifikan pada nilai t hitung sebesar 6,685 dengan two-tails significance pada 0,000 untuk uji beda postes kelas eksperimen IVA dengan kelas control IVB. Pada uji beda postes kelas eksperimen IVC dengan kelas kontrol IVB, perbedaan reratanya signifikan pada nilai t hitung sebesar 7,186 dan two-tails significance pada 0,000. Produk yang dikembangkan juga efektif meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SDN Serayu. Hal ini dibuktikan dengan rerata skor posangket pada kelas eksperimen IVA dan IVC yang masing-masing mencapai 87,56 dan 85,70 sedangkan pada kelas kontrol IVB reratanya hanya 75,67. Perbedaan rerata ini signifikan pada nilai t hitung sebesar 8,038 dan two-tails significance pada 0,000 untuk uji beda posangket kelas eksperimen IVA dengan kelas control IV B. Pada uji beda posangket kelas eksperimen IVC dengan kelas control IVB, perbedaan reratanya signifikan pada nilai t hitung sebesar 5,536 dan two-tails significance pada 0,000 serta interval kepercayaan sebesar 95%