@phdthesis{UNY32379, school = {UNY}, year = {2012}, month = {July}, title = {Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Pengetahuan untuk Meningkatkan Karakter Kerja Sama dan Karakter Tanggung Jawab Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta}, author = {Dewi Lusyana}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengembangkan SSP berbasis domain pengetahuan untuk meningkatkan karakter kerja sama dan tanggung jawab siswa SMA N 8 Yogyakarta, 2) menghasilkan produk SSP yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, 3) mengetahui keterlaksanaan SSP berbasis domain pengetahuan pada pembelajaran biologi dalam meningkatkan karakter kerja sama dan tanggung jawab siswa SMA N 8 Yogyakarta, 4) mengetahui respon siswa terhadap implementasi SSP yang dikembangkan, dan 5) mengetahui kemampuan SSP berbasis domain pengetahuan yang dikembangkan untuk meningkatkan karakter kerja sama dan tanggung jawab siswa SMA N 8 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R \& D) yang terdiri dari 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg \& Gall, tetapi penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1 sampai dengan 7 yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draf SSP dan validasi, uji coba terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 8 Yogyakarta yaitu 15 siswa kelas XI IPA 7 untuk uji coba terbatas, untuk untuk uji coba lebih luas sebanyak 60 siswa yaitu 30 siswa dari kelas XI IPA 4 sebagai kelas treatmen dan 30 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi perangkat, angket, lembar observasi, dan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Masukan dan saran terhadap SSP hasil pengembangan pada tahap uji coba terbata digunakan untuk dasar perbaikan SSP pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: 1) pengembangan SSP dilaksanakan sesuai prosedur pengembangan SSP; 2) SSP berbasis domain pengetahuan yang dikembangkan peneliti layak digunakan dalam pembelajaran biologi SMA N 8 Yogyakarta, karena menurut ahli materi, guru biologi dan teman sejawat di tinjau dari silabus, RPP, materi ajar, LKPD dan lembar evaluasi siswa berkategori ?sangat baik?; 3) pembelajaran biologi dengan menggunakan SSP berbasis domain pengetahuan untuk meningkatkan karakter siswa dapat terlaksana dengan kategori ?baik? di setiap pertemuan; 4) respon siswa terhadap implementasi SSP menyatakan sikap ?setuju?; dan 5) melalui pembelajaran biologi dengan menggunakan SSP berbasis domain pengetahuan, dapat meningkatkan karakter kerja sama dan tanggung jawab siswa, karena terdapat perbedaan yang signifikan pada ketercapaian peningkatan karakter kerja sama dan tanggung jawab KK dan KT.}, keywords = {pengembangan, SSP, domain pengetahuan, karakter}, url = {http://eprints.uny.ac.id/32379/} }