relation: http://eprints.uny.ac.id/32354/
title: PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA  DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE  JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM  HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB  SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN
creator: Aziz, Shalihin
subject: Teknik Otomotif
description: PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA  DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE  JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM  HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB  SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN  Oleh :  Aziz Shalihin  NIM. 08504241023  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan prestasi  belajar siswa pada mata pelajaran memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor  udara dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Jigsaw; 2)  Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran  memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara dengan menggunakan metode  cooperative learning tipe Jigsaw.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian  ini adalah peserta didik kelas X OB yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian  dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar  pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode  cooperative learning tipe Jigsaw. Di akhir siklus diadakan evaluasi pengetahuan  yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi  yang telah dipelajari, selain itu digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat  ketercapaian KKM yang berhasil diperoleh siswa.  Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran  cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata prestasi belajar  yang diperoleh siswa kelas X OB adalah 70,78 dengan persentase siswa yang  memenuhi nilai KKM sebesar 37,50%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata  prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas X OB adalah 77,41 dengan persentase  siswa yang memenuhi nilai KKM sebesar 90,62%; 2) Penerapan metode  pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas  belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian pada pertemuan pertama siklus I  menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 50,45. Kemudian  pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 62,08 dan pada  pertemuan pertama siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas  belajar siswa mencapai 72,77 hingga pada pertemuan kedua siklus II kembali  mengalami peningkatan menjadi 85,83.  Kata kunci: prestasi belajar, aktivitas belajar, cooperative learning, dan jigsaw.
date: 2016
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/32354/1/Aziz%20Shalihin%2008504241023.pdf
identifier:   Aziz, Shalihin  (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN.  S1 thesis, UNY.