@phdthesis{UNY32354,
          author = {Shalihin Aziz},
           title = {PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE
JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM
HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB
SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN},
            year = {2016},
          school = {UNY},
        abstract = {PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE
JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM
HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB
SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN
Oleh :
Aziz Shalihin
NIM. 08504241023
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor
udara dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Jigsaw; 2)
Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara dengan menggunakan metode
cooperative learning tipe Jigsaw.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian
ini adalah peserta didik kelas X OB yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian
dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar
pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode
cooperative learning tipe Jigsaw. Di akhir siklus diadakan evaluasi pengetahuan
yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi
yang telah dipelajari, selain itu digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat
ketercapaian KKM yang berhasil diperoleh siswa.
Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran
cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata prestasi belajar
yang diperoleh siswa kelas X OB adalah 70,78 dengan persentase siswa yang
memenuhi nilai KKM sebesar 37,50\%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata
prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas X OB adalah 77,41 dengan persentase
siswa yang memenuhi nilai KKM sebesar 90,62\%; 2) Penerapan metode
pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian pada pertemuan pertama siklus I
menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 50,45. Kemudian
pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 62,08 dan pada
pertemuan pertama siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas
belajar siswa mencapai 72,77 hingga pada pertemuan kedua siklus II kembali
mengalami peningkatan menjadi 85,83.
Kata kunci: prestasi belajar, aktivitas belajar, cooperative learning, dan jigsaw.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/32354/}
}